Ragam  

Warga Tawing, Desa Malingmati belum pernah nikmati qurban sapi sejak Indonesia Merdeka.

admin
Img 20240621 Wa0051 Copy 616x462

Bojonegoro – Desa Malingmati adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro. Dari penuturan sesepuh desa ternyata desa yang berlokasi 41 KM dari pusat Kota Migas itu memiliki sejarah yang hampir mirip dengan kisah cerita Robin Hood.

Menurut warga Yanto menuturkan, lahirnya nama Desa Malingmati berawal dari cerita bahwa dahulu kala di daerah tersebut ada seseorang yang memiliki ilmu kanuragan tinggi dan memiliki kebiasaan mencuri untuk di berikan kepada kaum-kaum miskin dan tertindas. “Ceritanya itu kata Mbah-Mbah dulu itu ada namanya Maling Gentiri, Maling Gentiri itu maling yang budiman kalau mencuri tidak buat dirinya sendiri tapi buat orang-orang miskin,” Ujar Yatno salah satu warga.

[irp]

[irp]

[irp]

Dusun Tawing adalah salah satu dusun yang berada di Malingmati.  Menurut data resmi website Desa Malingmati bahwa dusun ini merupakan salah satu dusun yang tertingal di Kecamatan Tambakrejo dan mengalami kemunduran ekonomi. Letaknya berada di tengah areal persawahan dengan akses jalan dari tanah . Karena keterbatasan ekonomi itulah,tiap tahunnya ketika Hari Raya Idul Adha sepi dari hewan qurban. Rata-rata tiap tahunnya hanya ada 3-5 ekor kambing untuk dibagikan dagingnya satu dusun.

Kondisi inilah yang melatarbelakangi Bank Indonesia Jatim bermitra dengan LMI mengadakan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban di Dusun Tawing. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Senin 17 Juni 2024 bertempat di bawah pohon-pohon jati milik warga. Sebanyak 1 ekor sapi berbobot 400kg serta 5 ekor Kambing disembelih oleh panitia pada pukul 07:30. Salah satu warga,Mbah Paerah menyampaikan rasa syukurnya karena tahun ini bisa menikmati Hari Raya dengan mengkonsumsi daging sapi “Lagek iki mas,nang kene onok qurban sapi sak jok aku lahir”. Baru kali ini mas,sejak saya lahir ada qurban sapi disini,red.

Perwakilan dari Bank Indonesia Jatim Bpk.Didit Sulistiyanto menyampaikan pihaknya mengetahui Lokasi dusun Tawing ini atas informasi yang disampaikan oleh LMI. Setelah di survey kemudian pihak BI Jatim menyetujui untuk melaksanakan qurban di Dusun Tawing. Sebanyak 136 KK mendapatkan pembagian daging sapi dan kambing yang telah dikemasi menggunakan besek. “Alhamdulillah secara umum,pelaksanaan qurban pada tahun ini di dusun Tawing berjalan lancar”. Ucap Resma,Koordinator panitia dari LMI.(Red)

Kontribusi liputan : Rizma.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *