Pemkab Bojonegoro Gelar Ngobrol Bareng Buk’e, Tingkatkan Eksistensi Perpusdes

admin
Img 20230222 Wa0053 Copy 359x269

Bojonegoro – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar Ngobrol Bareng Buk’e, Selasa (21/2/2023) di Kecamatan Kepohbaru. Ngobrol Bareng Buk’e ini mengambil tema meningkatkan gemar membaca yang diharapkan dapat menjadi stimulus dalam menggiatkan kembali Perpustakaan Desa (Perpusdes) dan Taman Baca Masyarakat (TBM).

Hadir sebagai narasumber, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, Kepala Dinas Pendidikan Nur Sujito, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Heri Widodo.

[irp]

Dalam kesempatan ini, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menjelaskan, pembentukan Perpusdes maupun TBM sebagai upaya membangkitkan minat baca masyarakat. Perpustakaan desa diperuntukkan bagi masyarakat dan dikelola oleh masyarakat guna memenuhi kebutuhan informasi. Keberadaannya dapat menjadi salah satu sarana atau media untuk meningkatkan dan mendukung kegiatan pendidikan masyarakat pedesaan, yang merupakan bagian dari kegiatan pembangunan desa.

“Dengan adanya perpusdes maupun TBM yang terdapat di kecamatan se-Kabupaten Bojonegoro, diharapkan semakin dapat mendekatkan buku dan sumber bacaan kepada masyarakat hingga ke desa-desa. Maka akan turut mendukung kesadaran membaca dan peningkatan minat baca masyarakat,” jelas Bupati.

Kegiatan membaca tidak dapat dilepaskan dari keberadaan dan tersedianya bahan bacaan yang memadai, baik dalam segi jumlah maupun kualitas bacaan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Data terakhir saat ini terdapat 145 Perpustakaan Desa di Kabupaten Bojonegoro. Sedangkan untuk jumlah TBM terdapat kurang lebih 118 yang terdata.

[irp]

“Sehingga perlu percepatan transformasi perpustakaan, utamanya dalam penganekaragaman jumlah dan jenis koleksi buku. Termasuk kegiatan pelatihan sebagai upaya peningkatan penyelenggaraan dan pengelolaan sebuah perpustakaan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat,” imbuhnya.

Masih dalan kesempatan sama, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro Heri Widodo mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan minat baca masyarakat desa. Juga membangun dan menggugah kembali komitmen Kepala Desa dan pengelola TBM dalam pengembangan perpustakaan desa dan TBM.

[irp]

“Selain itu, juga dapat memberikan pemahaman akan pentingnya perpustakaan desa dan TBM. Hari ini jumlah undangan kurang lebih 90 peserta. Rencana giat Ngobrol Bareng Buk’e akan dibuat tiga (3) sesi yang dibagi berdasarkan wilayah timur, tengah dan barat,” ujarnya.

Ngobrol Bareng Buk’e ini dihadiri oleh pengelola TBM dan Perpusdes di wilayah Timur. Di antaranya dari Kecamatan Kanor, Kepohbaru, Sugihwaras, Sumberrejo, Temayang, Kedungadem dan Baureno.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *