Ragam  

Manfaat Konsumsi Air Putih Saat Puasa Sangat Penting Lho ! Tubuh Sehat Puasa Lancar.

admin
Manfaat Minum Air Mineral Saat Berpuasa 0 Alodokter

Bojonegoro – Manfaat minum air putih yang cukup ketika menjalankan ibadah puasa dapat menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa diwajibkan untuk menahan haus selama siang hari, Anda sebaiknya mengatur pasokan cairan di dalam tubuh. Tubuh membutuhkan air mineral untuk dikonsumsi sebanyak 1 sampai 2,5 liter atau setara dengan 6-8 gelas setiap harinya.

[irp]

[irp]

Jika tidak dapat mengatur asupan air saat berpuasa, maka akan merasakan haus ketika berpuasa. Apalagi bila ada masalah lain seperti bibir kering dan pecah-pecah, dan merasa lemas.

Konsumsi air putih yang cukup ketika puasa bukan hanya menghindarkan dari penyakit, tetapi juga membuat puasa berjalan lancar. Maka Anda sebaiknya memenuhi asupan cairan selama berpuasa dengan mengikuti ketentuan minum saat puasa yang tepat. Berikut manfaat konsumsi air putih yakni :

1. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat minum air putih yang cukup saat puasa dapat menyehatkan pencernaan. Apalagi selama bulan puasa keluhan sembelit dan sakit maag terkadang menyerang.

[irp]

2. Mempertahankan Energi dalam Tubuh

Manfaat minum air putih yang cukup ketika puasa dapat menjaga tubuh tetap berenergi. Kekurangan cairan dapat membuat tubuh merasa lemas, mudah lelah, dan tidak berenergi. Saat berbuka puasa minum air putih bisa membuat tubuh langsung aktif. Ini merangsang sel darah merah untuk tumbuh lebih cepat yang menghasilkan lebih banyak oksigen dan energi.

3. Hidrasi Tubuh

Air putih dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Minum air putih yang cukup dapat mencegah dehidrasi setelah menahan haus seharian. Air diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

4. Memelihara Kesehatan Kulit

Konsumsi air sebanyak 8 gelas per hari merupakan salah satu perawatan kulit yang sebaiknya dilakukan termasuk pada saat bulan puasa. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air mineral selama berpuasa membawa banyak manfaat untuk kesehatan kulit.

5. Bantu Penurunan Berat Badan

Air putih membantu tubuh menyerap nutrisi dan membuang limbah. Minum air putih dapat meningkatkan perasaan kenyang dan mencegah makan terlalu banyak. Efek ini membantu menurunkan berat badan dan mencegah kenaikan berat badan saat puasa.

[irp]

6. Kurangi Racun dalam Tubuh

Air hangat dapat berperan sebagai detoksifikasi tubuh. Ketika air cukup panas untuk menaikkan suhu tubuh, sehingga bisa menyebabkan keringat. Berkeringat mengeluarkan racun dan dapat membantu membersihkan pori-pori. Racun tubuh bisa keluar melalui urin. Semakin banyak minum air, semakin banyak urin yang dikeluarkan untuk mendetoksifikasi tubuh.

Sebaiknya, ketahui dari mana sumber airnya dan bagaimana proses pengolahannya. Walaupun sama-sama bersih, tidak berwarna, dan tidak berasa, belum tentu sudah terbebas dari zat berbahaya.

Pastikan kualitas air mineral berasal dari sumber air yang terlindungi, diproses secara aman melalui tahapan-tahapan uji kualitas, dan terhindar dari kontak langsung tangan manusia.

[irp]

Selain itu, perhatikan juga kemasannya. Pilih air minum dengan kemasan yang bisa digunakan kembali untuk mengurangi sampah plastik. Dengan menyediakan air kemasan galon yang bisa dipakai kembali, tentunya setelah melalui berbagai tahapan untuk membersihkan galon, Anda tidak hanya melindungi keluarga tapi juga ikut melindungi lingkungan.

Ramadan kali ini memang berbeda. Lindungi keluarga Anda dengan tetap terapkan gaya hidup sehat dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga ringan, serta minum air mineral 8 gelas sehari. Jika Anda merasakan adanya gangguan kesehatan selama berpuasa, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Jadi, Untuk memenuhi kebutuhan air harian anda (8 gelas air per hari) di bulan puasa dapat. Dilakukan dengan panduan minum saat puasa yakni :

1. Bangun sahur

2. Setelah sahur

3. Saat berbuka puasa

4. Setelah berbuka puasa

5. Setelah sholat magrib

6. Setelah sholat isya

7. Setelah sholat tarawih

8. Sebelum tidur

Ramadhan sehat, ibadah lancar,
menjaga kesehatan lebih baik dari pada mengobati. walaupun sakit ditanggung BPJS tapi sehat tetap lebih nikmat, betul?.( Sl/red ).

Penulis, redaksi, newssatumenit.my.id
Sumber : Tim Kesehatan terpadu puskesmas mejuwet kabupaten Bojonegoro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *