oleh

Lestarikan Adat Istiadat, Pemdes Pancur Temayang Gelar Sedekah Bumi.

-Peristiwa-44 views

BOJONEGORO- Mewujudkan rasa syukur dan ucapan terimakasih atas rezeki dan nikmat yang telah di rasakan warga desa Pancur Kecamatan Temayang gelar syukuran bersama atau Sedekah Bumi di Sendang Panji Kusumo pada , 15 / 05 / 2024 .

Adat istiadat seperti ini sudah di gelar turun temurun oleh Pemerintahan desa Pancur bersama warganya .

Baca Juga  Adat Tradisi Budaya, Pemerintah Desa Sembung Kapas Gelar Sedekah Bumi

Baca Juga  Kunjungan Kapolres Kewilayah Polsek Kesamben Polres Blitar

Baca Juga  Sate Jamur Tiram Menyita Perhatian Para Ibu-Ibu

Salim salah satu warga menuturkan kepada Media ini, bahwa setiap tahun pasti di adakan sedekah bumi atau ” nyadran ” yang bertujuan untuk bersih desa dari segala Bala’ dan terkhusus mendo’akan para ahli kubur atau leluhur yang ada di desa ini ” tuturnya .

Sementara, Kepala Desa Pancur Lulus Pujiono lewat Kasunnya Wantoro mengatakan , mestinya pak kepala desa sendiri yang memberikan sambutan karena Beliau sedang melaksanakan ibadah Haji maka kami mewakilinya untuk memberikan motifasi kepada Masyarakat yang hadir di Sendang Panji ini.

Kami ajak masyarakat untuk selalu kompak dan bersama Pemerintahan desa untuk membangun dan memajukan desa menuju masyarakat yang adil makmur berkelanjutan . Dan semoga kepergian Kepala Desa melaksanakan Ibadah Haji ketanah Suci membawa berkah tersendiri buat desa Pancur kedepan ” ungkapnya.

Juru Kunci Sendang Panji Kusumo Eyang Bandi , 82 tahun menuturkan bahwa Panji Kusumo adalah salah satu tokoh utama atau leluhur dalam ” babat ” tanah desa Pancur tempo dulu .

Ini wajib di kenang dan perlu di hormati jasa – jasanya , maka hari ini selain mendo’akan arwah leluhur juga tasyakuran bersama di Sendang ini ” pungkasnya .

Acara Tasyakuran ini di hibur langen beksan Tayub di kediaman Kepala desa siang dan malam bersama waranggono Nyi Supriati dkk . (Tim/red).

Komentar

Tinggalkan Balasan