oleh

Serentak, Babinsa Kodim Bojonegoro dan Masyarakat bersi-bersih Lingkungan di 28 Kecamatan.

-TNI-13 views

BOJONEGORO, – Sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, jajaran Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, pagi ini Kamis (7/12/2023), serentak menggelar kegiatan karya bakti TNI pembersihan lingkungan pasar, selokan/parit dan sungai serta penanaman pohon di 21 kecamatan se- Kabupaten Bojonegoro.

Adapun kegiatan pembersihan fasiltas umum ini meliputi pasar Desa Temayang, Pasar Desa Kepohbaru, Pasar Desa Kapas, Pasar Desa Sumberrejo dan pasar Desa Kepohbaru. Sedangkan pembersihan selokan/parit dan sungai dilakukan diwilayah Kecamatan Balen, Sugihwaras, Baureno, Kedungadem, Sumberrejo, Padangan, Kasiman, Purwosari, Ngraho, Kalitidu, Ngasem, Bubulan, Malo, Sukosewu, Margomulyo, Sekar dan Gayam.

Baca Juga  Babinsa Koramil Dander Bojonegoro bantu Bersihkan Lumpur Akibat Banjir Bandang

Baca Juga  Jum'at Berkah, Persit Kodim Bojonegoro berbagi Sembako

Baca Juga  Kodim Bojonegoro bersama BPJS Kesehatan Gelar Sosialisasi Program JKN

Karya bakti TNI yang diselenggarakan, merupakan program dari Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjutak, M.Sc. Kegiatan ini melibatkan ratusan personel dari berbagai unsur serta elemen masyarakat diantaranya TNI-Polri, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Satpol PP, Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), perangkat desa serta warga masyarakat sekitar.

Adapun sasaran utamanya yaitu membersihkan sampah-sampah yang berserakan, rumput liar, selokan atau parit-parit yang tertutup tanah (lumpur), serta penanaman pohon penghijauan dalam upaya mengantisipasi terjadinya bencana banjir, serta mencegah berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh nyamuk yang bisa saja berkembang di musim penghujan.

Baca Juga  Periode 1 April 2024, 34 Prajurit Kodim Bojonegoro Naik Pangkat

Disampaikan oleh Pasiter Kodim 0813 Bojonegoro, Lettu Kav Sujirman, selaku koordinator kegiatan, dalam pelaksanaanya kegiatan karya bakti tersebut dibagi dua gelombang hari ini dan besok. Disamping untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih, gotong-royong dalam kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk membangun sinergitas antara TNI dengan aparatur pemerintahan dan masyarakat lainnya, guna terwujudnya kemanunggalan TNI-rakyat yang semakin mantap.

“Harapanya lingkungan sekitar tetap bersih, sehat dan rapih serta terpelihara. Sehingga masyarakat juga sehat, dan nyaman dalam beraktifitas sehari-sehari,” ujarnya.

Menurut dia, kegiatan karya bakti yang dilaksanakan secara serentak tersebut juga membawa pesan khusus dalam memberikan edukasi terhadap masyarakat untuk sama-sama meningkatkan kepedulian, saling mengingatkan dan bertanggungjawab akan kebersihan lingkungan sekitar yang diantaranya seperti tidak membuang sampah di sembarang tempat.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini akan menjadi momentum kecil dalam mendorong masyarakat untuk memiliki pola hidup sehat dan bersih dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar” kata Lettu Kav Sujirman.

Baca Juga  Ciptakan Situasi Kondusif, Babinsa Koramil Sumberrejo Peran Aktif Pengamanan Ujian Perades Teleng

Dilokasi karya bakti pembersihan lingkungan pasar Desa Sumberrejo, Kasi Kesejahteraan Desa Sumberrejo, Zaenuddin, mengucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada jajaran Babinsa Kodim 0813 Bojonegoro atas pelaksanaan kegiatan pembersihan tersebut. Menurutnya, kegiatan ini sangat bagus dan bermanfaat, sehingga lingkungan pasar menjadi cantik dan bersih.

“Kebersihan dan kenyamanan di dalam pasar merupakan salah satu faktor yang cukup penting agar aktifitas terasa lebih nyaman,” ucapnya.

Ucapan terima kasih dan apresiasi yang sama juga disampaikan Kepala Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu kepada Kodim 0813 Bojonegoro beserta Koramil-Koramil jajaranya yang sudah menyelenggarakan kegiatan yang sangat positif dan banyak manfaatnya ini.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah ikut serta dalam kerja bakti ini khususnya kepada Babinsa jajaran Kodim 0813 Bojonegoro. Semoga sinergitas, kekompakan dan kebersamaan yang sudah terbina dengan baik ini kedepanya akan terus berlanjut secara berkesinambungan,” pungkas Endang Sri Wigati, M.Pd.(sl/kodim bjn )

Komentar

Tinggalkan Balasan