oleh

Komunitas Media KPK: Perangi Hoax dan Kampanye Hitam di Tahun Politik.

-Nasional-73 views

Surabaya – Berita Hoax dan Kampanye hitam bisa sering muncul menjelang pemilihan Umum (Pemilu), tak terkecuali di pemilu 2024 ini, sehingga harus dihindari karena dampaknya sungguh berbahaya.

“Dampak yang ditimbulkan adanya berita hoaks akan sangat luar biasa antara lain berupa dampak sosial, ekonomi, politik, keamanan, dan yang lebih besar adalah bisa mengancam keutuhan negara,”Kata Suwandi, Pengawas Komunitas Media KPK Surabaya. Sabtu (25/11/2023)

Baca Juga  Ditreskrimum Polda Jatim Tangkap Pelaku Ahli Pembuat Senpi Rakitan dan Modifikasi

Baca Juga  Silahturahmi JTI Dalam Rangka Mendukung Hari Wuryanto Menjadi Bupati Madiun

Baca Juga  Korban longsor : Forkopimda Jatim Silaturohmi dan Takziyah Di Pesantren Annidhomiya Pamekasan

Suwandi menjelaskan, karena sesungguhnya Berita hoaks, dibuat dengan tujuan mengadu domba antar kelompok sehingga menimbulkan kebencian dan permusuhan. Meruntut sejarah, berita hoaks sudah ada sejak zaman dahulu.

Cara penyebarannya juga telah berevolusi semakin canggih. Oleh sebab itu, wartawan sebagai saringan pertama dari setiap informasi yang beredar diharapkan tidak terpeleset termakan hoaks.

“Ketika wartawannya termakan hoaks maka berbahaya. Informasi yang disebarkan juga akan salah. Maka perlu double cek dan ricek. Apalagi di era digital sekarang”jelas Suwandi

Selain hoaks, Lanjutnya,kampanye hitam juga harus dihindari. Kampanye yang sejatinya hanya mempromosikan calon jangan sampai dinodai dengan menjelekan calon lain dengan berita bohong.(sl/Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan