oleh

Cegah Perundungan, Babinsa Kodim Bojonegoro serentak gelar Penguatan Bela Negara

-TNI-11 views

BOJONEGORO, – Jajaran Babinsa Kodim 0813 Bojonegoro, pagi ini Senin (13/11/2023), secara serentak menggelar kegiatan penguatan bela negara bagi generasi muda sejak dini khususnya dikalangan pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di 8 (delapan) lokasi. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya mewujudkan generasi muda bangsa yang berkarakter baik, tangguh dan berjiwa patriotisme.

Dalam kegiatan yang berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro ini juga dilaksanakan sosialisasi dalam rangka upaya mencegah kasus perundungan atau bullying yang dewasa ini marak terjadi dikalangan pelajar, dengan harapan semua siswa dapat belajar dengan tenang dan nyaman.

Baca Juga  Kodim Bojonegoro gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023

Baca Juga  Bentuk Mental dan Karakter Tangguh, Babinsa Koramil Sumberrejo Bojonegoro berikan Penguatan Bela Negara Puluhan Pelajar

Baca Juga  Bersama Disdagkop dan UM, Satgas TMMD 120 Kodim Bojonegoro gelar Bimtek Manajemen Usaha

Adapun kegiatan penguatan bela negara yang diikuti tak kurang dari 2000 pelajar ini bermaterikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang), pelatihan baris-berbaris dasar dan fun game (ketangkasan) berbasis kelompok ini diberikan kepada siswa SMPN 1 Bojonegoro, SMPN 1 Balen, SMPN 1 Baureno, SMPN 1 Kasiman, SMPN 1 Gayam, SMPN 1 Margomulyo, SMPN 1 Ngraho dan SMPN 1 Bubulan.

Selaku pemateri Wasbang dalam kegiatan itu, Bati Puanter Staf Teritorial Kodim 0813 Bojonegoro, Serma Agustanul Anwar, berpesan kepada para siswa untuk berperilaku sopan, selalu peduli sesama teman, saling menghargai perbedaan, menjunjung tinggi disiplin,  dan mematuhi aturan-aturan sekolah. Selain itu, Ia juga menekankan akan pentingnya tidak terlibat dalam tindakan perundungan.

“Kami berharap kasus bullying atau perundungan tidak terjadi di sekolah ini, karena bisa berdampak buruk baik secara fisik maupun mental. Hal ini juga dapat berpotensi merusak masa depan adik-adik. Sehingga kami mengajak semua siswa untuk bersama-sama menjunjung tinggi aturan sekolah, dan menjadi pelajar yang bermoral dan berpendidikan, untuk berkontribusi pada perkembangan pendidikan di Indonesia,” ujarnya.

Kepala SMP Negeri 1 Bojonegoro, Moch. Munir, S.Pd., menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran TNI Kodim 0813 Bojonegoro yang telah menyelenggarakan kegiatan penguatan bela negara. Kegiatan tersebut, menurut dia, sejalan dengan program yang sudah dijalankan oleh pihak sekolah, sehingga dengan adanya pendampingan TNI melalui kegiatan penguatan bela negara ini tentunya akan semakin menjadikan karakter para siswa lebih mantap lagi.

“Kegiatan penguatan bela negara ini sangat bagus sekali dan banyak manfaatnya dalam pembentukan karakter, sehingga kami berharap kegiatan ini akan terus berkelanjutan,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Zamroni, M.Pd., sangat mengapresiasi sekali kepada pihak Kodim 0813 Bojonegoro yang sudah bekerjasama menyelenggarakan kegiatan penguatan bela negara dalam rangka peningkatan kapasitas para peserta didik menuju terwujudnya profil pelajar Pancasila.

“Tentunya kegiatan ini merupakan langkah yang baik dan kami sangat

mengapresiasi sekali. Dan kami berharap kegiatan ini terus berkesinambungan, mari bekerja bersama, berkolaborasi untuk mewujudkan pelajar yang berprofil Pancasila,” pungkasnya.( Red/kodim)

Komentar

Tinggalkan Balasan