oleh

Babinsa Koramil Ngraho Bojonegoro kenalkan Pramuka Saka Wira Kartika

-TNI-21 views

Bojonegoro – Bertempat dihalaman SMA Negeri 1 Ngraho, personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran Koramil 15/Ngraho Kodim 0813 Bojonegoro, melaksanakan sosialisasi pengenalan Saka Wira Kartika kepada anggota Pramuka SMA Negeri 1 Ngraho Kabupaten Bojonegoro.

Baca Juga  Dandim Bojonegoro Pimpin Upacara Peringatan HUT TNI ke- 78.
Baca Juga  Manunggal Dengan Rakyat, Babinsa Koramil Temayang Bojonegoro Bantu Percepatan Pembangunan TPQ

Kegiatan tersebut, merupakan salah satu wujud kepedulian dan program kerja Koramil 0813-15/Ngraho dalam melaksanakan pembinaan terhadap generasi muda dengan tujuan untuk menanamkan rasa cinta tanah air, membentuk karakter yang tangguh serta sikap kedisiplinan.

Melalui konfirmasinya, Sabtu (16/9/2023), Bati Tuud Koramil 0813-15/Ngraho, Serma Hari Purwanto, menjelaskan bahwa dalam Pramuka Saka Wira Kartika terdapat 5 (Lima) Krida yaitu yang pertama Krida Navigasi Darat yang meliputi pengenalan kompas dan membaca peta. Kedua, Krida Penanggulangan Bencana Alam (PBA) meliputi bencana, korban bencana dan pentahapan penanggulanan bencana. Ketiga, Krida Pioner adalah pengenalan mengenai tali temali dan cara mendirikan tenda.

“Kemudian yang keempat Krida Survival, dalam krida ini materinya meliputi pengenalan tumbuh-tumbuhan dan hewan yang bisa dimakan untuk mempertahankan hidup. Dan yang kelima adalah Krida Mountenering yaitu rayapan tali satu, penyeberangan sungai dan peluncuran,” ungkapnya.

Baca Juga  Melalui Sisrendal Binter, Kodim Bojonegoro Sinkronkan Binter Satkowil dengan program Pemerintah Daerah

Disamping itu, kegiatan sosialisasi Saka Wira Kartika ini dilaksanakan juga untuk membentuk anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam rangka meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan ketrampilan.

“Keberadaan Pramuka sangat penting dalam menciptakan generasi yang pintar, jujur dan bertanggungjawab. Oleh karena itu, para generasi muda harus bisa menjadikan Pramuka sebagai sarana dalam membentuk pribadi-pribadi yang semakin baik kedepanya,” pungkas Serma Hari Purwanto.[red/kodim]

Komentar

Tinggalkan Balasan