oleh

Penguatan Bela Negara bagi Generasi Muda, Kodim Bojonegoro Goes to School

-TNI-12 views

Bojonegoro – Dengan didukung Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil jajarannya, Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro, melalui Staf Teritorial terus bergerak menggelar kegiatan “TNI Goes To School” dalam rangka penguatan bela negara dikalangan pelajar diwilayah Kabupaten Bojonegoro, Rabu (8/2/2023).

Kali ini, pembinaan karakter terhadap generasi muda bangsa dilaksanakan di SMA Negeri 1 Dander, di SMA Negeri 1 Kedungadem, SMA Negeri 1 Kasiman dan SMA Negeri 1 Ngraho. Kegiatan dilakukan dalam upaya mewujudkan generasi penerus bangsa yang berkarakter tangguh, cinta tanah air, ber-Bhinneka Tunggal Ika, serta mengerti akan makna dari Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia.

Baca Juga  Dukung Program BBGRM, Babinsa Sumberrejo Bojonegoro bersama Warga Mlinjeng Karya Bakti bersama

Dari pantauan, para personel Babinsa jajaran Kodim 0813 Bojonegoro ini memberikan edukasi tentang makna dari Pancasila melalui materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan pelatihan Peraturan Baris-Berbaris (PBB) dasar. Tak kurang dari 1.200 siswa dan siswi dari SMAN 1 Dander, SMAN 1 Kedungadem, SMAN 1 Kasiman dan SMAN 1 Ngraho turut mengikuti kegiatan yang juga diisi dengan materi Fun Game edukasi.

Selaku koordinator kegiatan, Pasiter Kodim 0813 Bojonegoro, menyampaikan bahwa nilai-nilai yang terkandung didalam Pancasila sangat penting untuk diajarkan kepada para pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar mereka dewasa nantinya akan terbiasa dengan perbuatan dan tingkah laku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Pada materi Wasbang tersebut, personel Babinsa Kodim 0813 Bojonegoro menjelaskan tentang makna dari tiap-tiap sila yang terkandung didalam Pancasila. “Dengan dilaksanakanya kegiatan ini para pelajar akan tumbuh kedisiplinan, loyalitas, setia kawan dan nasionalismenya sejak dini. Sehingga nantinya menjadi pemuda-pemuda yang tangguh, handal dan cinta terhadap NKRI,” kata Kapten Inf Surahmat.

Kepala SMA Negeri 1 Dander, Eko Suyitno, S.Pd., M.Si., pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan yang bertajuk “TNI Goes to School” yang diselenggarakan Kodim 0813 Bojonegoro bekerjasama dengan Cabang Dinas Pendidikan wilayah Bojonegoro.

Baca Juga  Komandan Komando Distrik Militer 0813 Bojonegoro Resmi Berganti

Kegiatan tersebut, menurut Eko Suyitno, S.Pd., M.Si., bisa menjadikan stimulus bagi anak-anak didik untuk bagaimana mengetahui secara luas tentang wawasan kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara adalah satu hal yang harus dimiliki sebagai bekal secara pribadi dimasa depan.

“Harapanya, kegiatan yang positif dan sangat bermanfaat ini terus berlanjut secara periodik atau berkala. Terima kasih kami sangat mendukung sekali, TNI Sahabat Pelajar,” ujarnya.

Sementara itu, saat memimpin kegiatan penguatan bela negara di SMAN 1 Kedungadem, Pj. Danramil 0813-08/Kedungadem, Kapten Inf Ilyas Rosidi, mengharapkan, dengan dilaksanakanya kegiatan tersebut dapat memacu, memberikan semangat para siswa dalam belajar dan mampu menghadapi tantangan global secara cerdas.

Baca Juga  Babinsa Kodim Bojonegoro aktif Patroli Wilayah dan Sambangi Warga

Rasa nasionalisme, atau kecintaan generasi muda terhadap bangsa dan negara ini semakin berkurang. Sehingga hal ini perlu dilatihkan secara berjenjang, agar rasa untuk memiliki terhadap bangsa dan negara tertanam sejak dini khususnya bagi para pelajar.

“Pembekalan wasbang dan bela negara sejak dini ini diharapkan dapat menjadikan anak-anak lebih tangguh, berkarakter baik, memiliki kedisiplinan, kekompakan, jiwa patriot dan berwawasan kebangsaan,” pungkasnya.(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan