oleh

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, Resmikan Pasar Hewan di Desa Kedungbondo, Meningkatkan Ekonomi Perternak Hewan.

Bojonegoro – Bupati Bojonegoro Hj, Anna Mu’awanah, meresmikan Pasar Hewan Bojonegoro di Desa Kedungbondo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro, Kamis, 29/12/2022.

Peresmian pasar hewan ini merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah kabupaten Bojonegoro, melalui Dinas perdagangan, koprasi dan usaha mikro Bojonegoro dalam meningkatkan aktivitas peradangan dan pemutaran ekonomi di kabupaten Bojonegoro kususnya untuk perternakan hewan, masyarakat sekitar dan para pedagang hewan di kabupaten Bojonegoro.

Baca Juga  Pemkab Bojonegoro Buka Posko Pengaduan THR Bagi Pekerja

Dalam peresmian pasar hewan, Bupati Bojonegoro Hj, Anna Mu’awanah, menyampaikan,” Bojonegoro menempati urutan keenam se-jawa Timur populasi ternak terbayak. Adanya pasar hewan di Desa Kedungbondo yang baru di harapkan mampu meningkatkan perekonomian para peternak sapi sekaligus menopang pertumbuhan ekonomi masyarakat tingkat lokal maupun daerah.

Baca Juga  Pemkab Bojonegoro Berikan Ganti Untung Pembebasan Lahan Proyek Bendungan Karangnongko Pada Warga Terdampak

Lanjut, Bupati Bojonegoro juga berharap untuk pasar hewan yang baru ini harus bisa dimaksimalkan dan saya yakin ini mungkin pasar hewan terterbaik kita di Jawa Timur, maka fungsinya hrus dimaksimalkan. Seperti penikatan ekonomi termasuk pengendalian penyakit, pengendalian sapi betina produktif atau yang tidak boleh dipotong.

“kenapa kemarin saya rapat dengan menteri hewan dan dokter hewan, di beberapa Kecamatan kekurangan sapi betina banyak jantannya sehingga kemarin pertumbuhan populasinya kurang cepat ini yang harus dikendalikan. Ujar Bupati Bojonegoro.

Dinas perdagangan koprasi dan usaha mikro Bojonegoro Sukaimi, ” memaparkan bahwa pasar hewan yang baru ini menampung kurang lebih 600 sapi, di lengkapi dengan parkir roda 4 kurang lebih 100, dan roda dua kurang lebih 200 kendaraan, sehingga fasilitas yang ada ini nantinya tidak mengudang kemacetan, karena pasar yang baru ini dekat dengan jalannasional. paparnya.

Baca Juga  Pemkab Bojonegoro Gelar Wisuda Hifdhil Qur’an di Pendopo, Cetak Generasi Qur’ani

Lanjut” Pasar hewan ini juga di lengkapi denga pembangunan IPAL.” Sehingga limbah kotoran sapi tidak menggangu di saluran warga dan tetangga.

Sukaimi menabahkan, bahwa pasar hewan yang baru ini juga ada peningkatan, awalnya itu hanya untuk penjual sapi saja pada hari Kamis. Untuk di tahun ini akan di oktimalisasi pemanfaatan pedagang hewan, yang pertama pada hari Senin untuk pedagang Ungas, Selasa untuk pedagang Kambing, rabo- Kamis, pedagang Sapi, dan hari Sabtu untuk pedagang burung. Pembangunan pasar hewan ini di biayai dari APBD kabupaten Bojonegoro senilai 7,400 miliyar lebih. Di bangun dua tahap tahap pertama tahun 2021 dan tahap kedua tahun 2022. Pungkas Sukaimi.( sl/red)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan