oleh

Selama Sepekan, Tim Vaksinator PKM Mejuwet Vaksinasi Lansia di Desa Karangdinoyo Sumberrejo

-Ragam-2 views

Bojonegoro – Selama sepekan, tim vaksinator dari PKM Mejuwet melakukan vaksinasi di Desa Karangdinoyo dengan sasaran utama vaksinasi kepada lansia. Program vaksinasi yang dilaksanakan di Dusun – dusun yang ada di Desa Karangdinoyo tersebut selain merupakan inisiatif Tenaga Kesehatan (nakes) desa, kegiatan vaksinasi selama sepekan ini juga mendapatkan dukungan sepenuhnya dari Pemerintah Desa(Pemdes) Karangdinoyo.

Kepala Desa Karangdinoyo Drs. Kasturi yang ikut hadir langsung dilapangan untuk mengecek pelaksanaan vaksinasi yang dibarengi dengan pengecekan kesehatan menuturkan bahwa guna memaksimalkan capaian vaksinasi terutama lansia serta booster bagi warga yang sudah waktunya menerima vaksin ketiga untuk itu dilaksanakan selama sepekan dengan lokasi di semua Dusun yang ada di Desa Karangdinoyo. Dengan dilaksanakan di Dusun – dusun, diharapkan bagi warga utamanya para lansia bisa menjangkau lokasi vaksinasi dan antusias untuk mengikuti vaksin.

“Kegiatan ini kami dukung sepenuhnya agar capaian vaksinasi di desa bisa maksimal”, ucap Kasturi, Sabtu (19/02/2022) saat dilokasi vaksinasi di rumah Ketua BPD di RT 05 Dusun Bulak Desa Karangdinoyo.

Selanjutnya tegas Kasturi, setelah pelaksanaan vaksinasi selama sepekan ini, bagi warga desa yang belum mengikuti vaksinasi sama sekali baik itu dosis pertama maupun dosis kedua jika sudah waktunya (vaksin lengkap), sesuai Surat Edaran (SE) Bupati Bojonegoro Nomor: 800/1447/4.12.202/2022 yang dikeluarkan dan ditanda tangani Bupati Bojonegoro pada tanggal 18 Februari 2022, maka Pemdes Karangdinoyo sebagai representasi Pemkab Kabupaten Bojonegoro akan memberlakukan sanksi administratif serta tidak mendapatkan pelayanan apapun dari Pemdes Karangdinoyo.

“Bagi warga yang akan meminta pelayanan administrasi di desa, kami tidak akan memberikan pelayanan dan bagi warga penerima jaminan sosial atau bantuan sosial, kami akan melakukan penundaan bahkan akan dihentikan”, tegas Kasturi.

Baca Juga  Pembagian Sertifikat PTSL Desa Pilang, Kanor, Pemohon Dibebani Tambahan Biaya Pembelian Sampul.

Bhabinkamtibmas Desa Karangdinoyo Bripka Achmad Wahyudin yang ikut dalam kegiatan tersebut juga mengatakan bahwa selama sepekan ini, pelaksanaan vaksinasi dan pemeriksaan kesehatan yang ditujukan untuk para lansia mendapatkan apresiasi yang cukup dari warga lansia dengan ditandai banyaknya warga lansia yang ikut memeriksakan kesehatannya dan suntikan vaksin bagi warga yang sudah waktunya menerima vaksin dosis selanjutnya.

“Alhamdulillah, selama sepekan antusias para lansia cukup memuaskan dan diperoleh hasil kesehatan banyak yang bagus juga”, ucap Bripka Yudi

Mantri Desa M. Kharis Sodiq, S.Kep Ns pada kesempatan yang sama pula mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi yang dilaksanakan sepekan ini dan disertai pemeriksaan kesehatan utamanya bagi lansia agar warga selain memperoleh data pemetaan kesehatan warga desa juga menjaring warga yang sudah saatnya ikut vaksin booster untuk segera diberikan suntikan dosis 3 agar cepat terbentuk herd immunity untuk mencegah penyebaran virus covid 19 yang saat ini masih menjadi pandemi.

Selain itu juga, dengan pelaksanaan pemeriksaan kesehatan warga bisa mengantisipasi kesehatannya seteleh mengetahui hasil pemeriksaan kesehatan serta diberikan saran kesehatan dan memeriksakan kesehatannya lebih lanjut ke dokter jika ditemukan masalah kesehatan yang serius.

“Setelah kami melakukan pemeriksaan kesetan dan menemukan keluhan kesehatan, maka kami sarankan untuk memeriksakan kesehatannya ke Puskesmas Mejuwet atau ke dokter agar memperoleh kesehatan”, ungkap Pak Mantri.

Sebagai informasi, setelah sepekan melaksanakan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi di Dusun – dusun, pada hari Selasa tanggal 22 Februari 2022 pekan depan bertempat di Balai Desa Karangdinoyo tim Vaksinasi PKM Mejuwet akan melaksanakan vaksiansi di Balai Desa Karangdinoyo dan terbuka untuk umum.( Hum/red )

Komentar

Tinggalkan Balasan