oleh

Percepat Layanan Vaksinasi, Bhabinkamtibmas Karangdinoyo Sumberrejo Ikut Periksa Tensi Para Lansia

-Ragam-0 views

Bojonegoro – Guna mempercepat layananan vaksinasi dan pengecekan kesehatan kepada para lansia, Bhabinkamtibmas Desa Karangdinoyo Bripka Achmad Wahyudin ikut memeriksa tekanan darah (tensi) para lansia yang antusias mengikuti kegiatan pada hari Jum’at (18/02/2022) tadi di rumah Kepala Dusun (Kasun) Terik Desa Karangdinoyo. Kegiatan vaksinasi sendiri yang diinisiasi oleh tenaga (Nakes) Desa Karangdinoyo guna mempercepat capain herd immunity tersebut juga dibantu oleh para kader Posyandu desa serta mendapat dukungan dari Pemerintah Desa Karangdinoyo.

Bhabinkamtibmas Desa Karangdinoyo Bripka Achmad Wahyudin kepada media ini mengatakan bahwa banyak antusias para lansia untuk mengikuti vaksinasi booster membuat para kader yang berjumlah 5 orang kuwalahan untuk memberikan pelayanan secara maksimal dikarenakan sudah memiliki tanggung jawab pekerjaan masing – masing seperti halnya mencatat kehadiran warga, mengukur tinggi badan, mengukur lingkar perut, menimbang berat badan serta mencatat hasil pengukuran tersebut membuat Bhabinkamtibmas mengambil andil untuk ikut memeriksakan tensi para lansia yang ikut dalam kegiatan dan sudah mengantre dari pagi.

“Mengingat hari Jum’at waktunya pendek dan sedikitnya petugas yang melayani, sehingga sayapun ikut membantu untuk mempecepat pelayanan yang salah satunya pemeriksaan tensi para lansia”, ucap Bripka Yudi.

Diterangkan juga bahwa pemeriksaan tensi warga sangatlah mudah yang dibantu dengan alat pengukur tensi digital sehingga hasil pemeriksaan tensi darah hanya membacakan hasilnya dan melaporkan kepada petugas pencatat dan selanjutnya oleh Nakes Desa langsung diperiksa kadar gula dalam darah oleh Mantri Desa. Setelah dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh kesehatan para lansia, bagi lansia yang kondisi kesehatannya bagus dan sudah waktunya ikut vaksin booster selanjutnya akan menerima suntikan vaksin booster oleh Bidan Desa.

“Kami para petugas dilapangan saling mengisi mengingat keterbatasan petugas agar seluruh pekerjaan berjalan dengan lancar dan semua warga yang sudah mengantre untuk memeriksakan kesehatannya dapat terlayani dengan cepat”, imbuh Bripka Yudi.

Baca Juga  Pesta Bakar Jagung Dan Kembang Api Ramaikan Malam Pergantian Tahun Baru di WEP

Sementara itu, Mantri Desa Karangdinoyo M. Kharis Sodiq, S.Kep Ns mengungkapkan bahwa selama kegiatan berlangsung tidak menemui kendala dalam pelayanan dan dari hasil pemeriksaan kesehatan seluruh warga yang telah disuntikkan vaksin sudah memenuhi kriteria penerima vaksin berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan kepada warga. Selain memenuhi kriteria berdasarkan kesehatan, bagi warga penerima vaksin booster juga sudah waktunya menerima vaksin karena jarak antara vaksin dosis kedua dan vaksin booster sudah 6 bulan.

“Para penerima vaksin sudah sesuai kriteria kesehatan dan sudah waktunya menerima vaksin booster”, terang Pak Mantri.

Sedangkan para warga yang juga ikut mengantre namun tidak lolos screening kesehatan dan jarak waktu penerima vaksin booster dari vaksin dosis terang Pak Mantri, hanya diberikan layanan pemerikasaan kesehatan berupa pemeriksaan kadar gula dalam darah secara gratis.

“Bagi warga yang tidak lolos screening, kami berikan layanan pemeriksaan kadar gula dalam darah saja”, terang Pak Mantri.

Program vaksinasi booster (penguat), saat ini telah dimulai oleh pemerintah guna mencegah penyebaran virus covid 19 yang masih menjadi pandemi hingga saat ini. Guna mensukseskan program Pemerintah Pusat tersebut, Pemerintah Desa Karangdinoyo Kecamatan Sumberrejo menggalakan program vaksinasi di setiap Dusun guna mempermudah memberikan pelayan vaksinasi kepada warga terutama lansia. ( Hum/red )

Komentar

Tinggalkan Balasan