oleh

Jelang Perayaan Isa Almasih , Polres Malang Gelar Rakor Pengamanan Lintas Ormas Kab Malang

Malang MMCNews.Id,-Rakor Sinergisitas dan Kolaborasi Terkait Pengamanan Kegiatan Ibadah Wafatnya Isa Almasih dan Paskah bertempat di Gedung Sanika Satyawada Polres Malang yang dihadiri Forkopimda Kabupaten Malang.Kamis(01/04/2021)

Kegiatan tersebut dihadiri Forkopimda maupun yang mewakili diantaranya dari Polres Malang, Kompol Himmawan Setiawan, S.I.K. (Wakapolres Malang) , Mayor Joko Isdianto (Kasdim 0818 Malang-Batu) , Drs. Didik Gatot Subroto, SH., M.Hum (Wakil Bupati Malang) dan Dr. H. Musta’in, M.Ag (Kepala Kemenag Kab. Malang) bersama KH. Fadlol Hija’ (Ketua MUI Kab. Malang) , dan lintas Agama seperti , Romo Yosep Utus, O.Carm (Keuskupan Kota Malang) , H. Soleh (Ketua FKUB Kab. Malang) dan juga Kompol Hegy Renanta Koswara,ST, S.I.K (Kabag Ops Polres Malang) , IPTU Muhammad Riza Rahman, S.I.K (Kasat Intelkam Polres Malang) , PJU Res Malang berserta Kapolsek Jajaran Polres Malang‎ dan turut serta Perwakilan Pengurus Ormas di Kab. Malang (Pemuda Pancasila, Kokam dan Banser)

Kompol Hegy Renanta Koswara,ST, S.I.K (Kabag Ops Polres Malang), dalam sambutanya menjelaskan, Terkait pengamanan kegiatan ibadah wafatnya Isa Almasih dan Paskah, kita melibatkan seluruh elemen Masyarakat seperti Pemuda Pancasila, Kokam dan dari NU.

Disebutkan Kompol Hegy, Jumlah gereja di wilayah Kabupaten Malang yang melaksanakan kegiatan ibadah perayaan paskah sebanyak 124 gereja, kita lakukan pengamanan sesuai SOP dan kita ploting anggota sesuai kebutuhan pengamanan gereja yg ada di wilayah Malang.

“Kita tdk boleh takut dgn aksi Terorisme dan kita harus lawan aksi terorisme,”tegas Kompol Hegy.

Sementara itu Kasat Intelkam Polres Malang Iptu Muhammad Riza Rahman SIK memaparkan, Saat ini masih pandemi covid-19, adapun rangkaian ibadah perayaan paskah dilaksanakan mulai hari Kamis s/d Minggu tanggal 1 s/d 4 April 2021

Baca Juga  Pemuda Pancasila Babat Bagikan Nasi Kotak Dan Masker

lanjutnya, Dalam pengamanan kita sudah bekerjasama dengan ormas-ormas yg ada wilayah Kabupaten Malang.

Disampaikan, Bahwa dalam ibadah perayaan paskah kami sudah berkoordinasi dengan tokoh-tokoh agama, saat ini masih Covid-19, agar dalam pelaksanaan ibadah paskah untuk mengurangi jumlah jemaatnya, guna mencegah penyebaran covid-19 di wilayah Kabupaten Malang.

“Terkait adanya aksi teror, masyarakat tidak boleh takut, namun harus waspada,”katanya.

Masih menurut Iptu Muhammad Riza, Dalam pengamanan perayaan paskah, kita harus selalu berkoordinasi, dengan melaksanakan sterilasi sebelum kegiatan ibadah, tetap menjalankan Prokes, Turjawali dan Penempatan personil di tempat-tempat rekreasi

Ditambahkan, Agar Polsek jajaran dalam pengamanan melibatkan Ormas, Pemasangan dan mengaktifkan CCTV dititik strategis dan mengintegrasikan CCTV dgn Polres Malang

“Upaya-upaya yg sudah dilakukan Polres Malang yaitu melakukan pengalangan kepada Eks Napiter yang ada di wilayah Malang,”imbuhnya.

Sedangkan Wakapolres Malang Kompol Himmawan Setiawan SIK dalam sambutanya memberikan arahan kepada jajaranya, Terkait pengamanan , Jelasnya, ibadah wafatnya Isa Almasih dan Paskah di wilayah Malang dan adanya aksi teror yang terjadi di Makasar dan Jakarta, kita perlu antisipasi dan tdk perlu takut, maka kita bersama-sama laksanakan kegiatan pengamanan perayaan Paskah guna memberi rasa aman bagi saudara kita yg sedang menjalankan ibadah

Wakapolres Menginginkan dalam pengamanan kita libatkan Ormas (Kokam, Pemuda Pancasila dan Banser) guna memberikan rasa aman kpd saudara kita yg menjalankan ibadah.

Disisi lain Mayor Joko Isdianto yg mewakili Dandim 0818 menuturkan, Bahwa kegiatan Ibadah wafatnya Isa Almasih dan Paskah merupakan kegiatan rutinitas, kita tidak boleh ego sempit, kita siap membackup yaitu dari kodim backup ke koramil
“Kegiatan ibadah ini harus kita amankan bersama-sama,”sambungnya.

Selain itu H. Gatot Subroto, SH., M.H Wakil Bupati Malang , Menyampaikan, Terkait ibadah perayaan Paskah kami atas nama Bupati Malang mengucapkan Selamat melaksanakan hari raya Paskah.

Baca Juga  Bagi Bagi Sembako Dalam Penutupan TMMD Ke 110 Kodim, 0824 / Jember

Drs Didik Gatot Subroto SH selaku Wabup Malang mengucapkan Terima kasih kepada Polres Malang dan Kodim 0818 dalam rangkaian ibadah Paskah dapat berjalan dgn aman dan lancar.

“Mari kita bersama2 dgn Ormas menjaga Malang menjadi aman,”ujarnya.

Menurut Gatot, Untuk wilayah yg rawan macet agar koordinasi dengan Kasat lantas.

Menurutnya, Dengan kondisi saat ini masih dalam masa pandemi covid-19, agar tiap-tiap Gereja menjalankan Protokol kesehatan

Gatot juga menambahkan, Nanti dalam pelaksanaanya mari kita laksanakan Patroli bersama Muspida Kabupaten Malang, guna memberikan rasa aman kepada masyarakat yg menjalankan ibadah.

Masih ditempat yang sama Romo Y. Utus , Mengucapkan terima kasih kepada TNI-POLRI yang telah mengamankan kegiatan ibadah wafatnya Isa Almasih dan Paskah.

Lebih jauh Romo Yosep menjelaskan, Terkait Covid-19, kita akan tetap perhatikan dan menjalankan Prokes serta mengurangi jemaat dan mengatur jam/ waktu ibadah. Terima kasih atas kebersamaan Ormas dan TNI-POLRI dalam mengamankan kegiatan ibadah perayaan paskah

Disamping itu, Romo Samedi Keuskupan Malang Gereja Kepanjen juga mengucapkan Terima kasih kpd TNI-POLRI, Muspida Kabupaten Malang dan Ormas yang telah berkolaborasi mengamankan kegiatan ibadah perayaan paskah

“Agar Polri atau FKUB membentuk paguyuban Ormas guna menjaga Kab. Malang yang aman dan kondusif,”tutup Romo Samedi.

Sebelumya Wakil Bupati Malang juga menyampaikan, Kami melalui Bintal Kabupaten Malang dalam rangka hari raya Paskah akan melibatkan semua ormas dan tokoh agama untuk menjaga Kab. Malang menjadi aman dan kondusif.(Red/Diana/Ratri)

Sumber : Protokoler
Editir : Didik Sap

Komentar

Tinggalkan Balasan