oleh

Polres Malang Dapat Kunjungan Deputi KemenPAN RB RI

Malang | MMCNews.Id,-Kegiatan Kunjungan dan Peninjauan Pelayanan Publik oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB RI) di Mapolres Malang Jl A Yani No 01 Kecamatan Kepanjen Malang Jum’at (26/03/2021).

Kemenpan RB RI Prof Dr Diah Natalisa MBA. (Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB RI) dengan didampingi Noviana Andrina, SH., MAP. (Asdep Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II Kemenpan RB RI) serta Ni Made Widya Premaiswari (Staf Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB RI tiba di Mapolres Malang sekira pukul 10:10 disambut Kapolres Malang , dan dilanjutkan dengan Sosialisasi Pelayanan Publik Kemenpan RB RI di Ruang Rupatama Mapolres.

Dalam kesempatan tersebut AKBP Hendri Umar SIK SH dalam sambutanya mewakili seluruh jajaran mengucapkan selamat datang kepada tim, yang datang memberikan supervisi dan arahan terkait perkembangan kualitas yanlik yang kami laksanakan, sehingga Polres Malang memiliki beberapa pencapaian yang mampu mempertahankan predikat WBK, WBBM.

Disebutkan , Salah satu dari 12 Polres yang dikategorikan Polres dengan Pelayanan Prima Kategori A oleh Menpan RB yang juga dihadiri oleh Kapolri, Ketua KPK dll, ini semua berkat bimbingan arahan yang ibu berikan saat peninjauan terdahulu.

“Berbagai macam penghargaan lainnya, seperti Satker terbaik dalam PAM Pilkada dan penanganan Covid-19.”ungkapnya.

Serta mencapai raihan satker terbaik dalam pengelolaan keuangan seluruh Polda Jatim.

Lebih jauh , di Tingkat Nasional no 3 dalam pengisian ITK, no 1 se Jatim. dalam Pengelolaan logistik dari Aslog dan WBK, WBBM dan pelayanan prima berbanding lurus dengan kinerja Satker, sesuai SOP yang disampaikan.

Berbagai Polres telah datang ke sini untuk studi tiru, seperti Tanjung Bale Karimun, Blitar Kota dan Trenggalek.

Baca Juga  Kapolsek Dau Bagikan Takjil Program Dapur Umum Kapolres Malang, Ramadhan Mantap (Malang Aman Taat Beribadah)

Menurutnya , Penyesuaian program Kapolri baru, yaitu SIM Presisi, untuk meningkatkan pelayanan, dengan sistem para pembuat sim tidak perlu hadir ke Satpas untuk ujian teori, hanya menggunakan hp, sehingga memangkas waktu dan birokrasi, begitu datang sudah bisa langsung ujian praktek.

Ditambahkan , Kami akan membuat program program lain hingga pelayanan bisa berjalan maksimal.

“Tahun ini mendapat giliran peninjauan untuk mempertahankan predikat WBK dan WBBM.”pungkas AKBP Hendri Umar.

Sementara itu , Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB RI, menyampaikan , Terkait peningkatan kualitas Pelayanan Publik pada Lingkup Polres Malang, kami sangat bangga pada Polres Malang yang tidak mudah berpuas diri dengan apa yang telah dicapai dan terus meningkatkan diri.
Kebijakan-kebijakan yang dilaksanakan berjalan searah, berdampak peningkatan bagi kinerja Satker yang lain.

Lebih lanjut , Penghargaan bukan menjadi tujuan, tapi tujuan utama adalah kepuasan masyarakat yang akan menilai masyarakat sendiri dan instansi lain.
Kami Bidang Deputi Pelayanan Publik setiap tahun melakukan penilaian kinerja karena pelayanan Polri merupakan pelayanan dasar untuk publik, menjadi efek multi layer bagi pelayanan lain.

Menurut Prof Dr Diah Natalis MBA , Sebagai Kementerian yang mendapat tugas kami juga melakukan pendampingan dan sosialisi, implementasi, evaluasi dan tindak lanjut. Tupoksi sesuai pasal 7 ayat 3, yaitu juga melaksanakan evaluasi.
Kami berupaya mencakup semua Satwil Polri, tapi karena banyak, kami belum mendampingi semua, kami harap yang sudah dievaluasi bisa menjadi role model, referensi dan contoh Polres lain sebagai studi tiru.
Kami bersyukur dan ingin menambah lokus untuk peningkatan yanlik lebih baik.

Lebih jauh Prof Dr Diah menambahkan , Perubahan mindset Polri yang dulu tidak suka dievaluasi dan kritik tapi sekarang sangat berharap untuk dievaluasi. Sejak 2016 tidak serta merta bisa mencapai pelayanan prima dan itu tidak mudah.

Baca Juga  Tembak Kaki Pelaku Perampokan di Kelurahan Sarirejo, Ini Kata Kapolsek Medan Baru

Kami ucapakan Selamat kepada Polres Malang, untuk Bapak Kapolres dan Jajaran insyaallah ada terobosan terobosan lain, bukan hanya Polres Malang tapi Polri yang akan bangga.
Penilaian terhadap Polres Malang, sim lantas dan skck, perbandingan 2019 dan 2020 ada peningkatan 4,60 persen, di atas 4,51 persen merupakan pelayanan prima.

Kami berharap Inovasi dari 6 aspek, ada aspek yang masih perlu ditingkatkan, agar sejajar dengan yang lain. Semoga Bapak Kapolres bisa dipenuhi secara bertahap terhadap 14 indikator sarpras. Bahwa Pengadilan dan Imigrasi sudah kami jadikan untuk Pilot Project untuk penunjuk jalan (ubin pemandu) bagi penyandang difablitas tuna netra dan lahan pakir dekat pintu masuk.
Kami sampaikan , Setiap tahun Polri selalu melakukan inovasi ada 3 yang masuk jajaran Top Inovator, sebagai terobosan dan kontribusi yang luar biasa untuk masyarakat.
Kami yakin inovasi di Polres Malang sangat banyak, dan bisa meningkatkan lagi sehingga bisa masuk menjadi salah satu jajaran Top Inovator.

Setelah berbagai rangkaian kegiatan dilaksanakan sebelumnya mulai Penayangan Video Selayang Pandang Wilayah Kabupaten Malang. Video Inovasi Pelayanan Publik Polres Malang (SKCK, SPKT, SATPAS SIM dan Pelayanan 3 in 1) serta penghargaan-penghargaan yang telah diterima oleh Polres Malang. Dilanjutkan dengan Penyerahan cindera mata dari Kapolres Malang kepada Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPAN-RB RI.(Red)

Report : Diana/ Ratri
Editor : Didik Sap

Komentar

Tinggalkan Balasan