oleh

Dihadiri Forkopimda Serah Terima Jabatan Bupati dan Wabup Malang Berlangsung Khidmat

Sumber: Humas
Report : Diana/Ratri
Editor : Didik MMCNews.id

Malang|MMCNEWS.ID ,- Melalui Surat Edaran Mendagri dengan Nomor : 273/248/SD tgl 31 januari 2021 tentang pelaksanaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati / Wali kota dan Wakil Walikota dan diteruskan tembusan Surat Sekda Prov Jatim nomor : 131/4085/011.2/2021 tentang perubahan jadwal sertijab Bupati dan wakil bupati.

Bertempat di jln Panji No 119 Kelurahan Panarukan Kepanjen Malang dengan dihadiri sekitar 90 orang dilaksanakan Serah Terima Jabatan Bupati Malang Hasil Pilkada Serentak Tahun 2020 dan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Malang
Senin (08/03/2021)mulai pukul 10.28 Wib s/d 12.24 Wib.

Dengan agenda Penyampaian Sambutan Bupati Malang Hasil Pilkada Serentak Tahun 2020 dan Penyampaian Sambutan Gubernur Jawa Timur bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Malang.

Dalam sambutanya Bupati Malang menyampaikan
Drs. H. M. Sanusi, MM
akan membangun Kabupaten Malang bersama sama Forkopimda dan Seluruh Anggota DPRD dengan selogan Malang Makmur.

Disebutkan , Bahwa tanggal 9 Des 2020 Kabupaten Malang telah melaksanakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dengan baik dan sukses.

Lebih lanjut H.M Sanusi juga menggucapkan Terimakasih kepada seluruh masyrakat yang sudah mendukung kami dalam maju menjadi Bupati dan Wakil Bupati Malang.

Dijelaskan , Dalam pembangunan 5 tahun kedepan sudah maju dengan baik namun ada pekerjaan rumah yang masih harus kami benahi mengingat penurunan Ekonomi terdampak dari pandemi Covid 19.

Berkaitan dengan pertanian sudah meningkat 71% dengan banyaknya serta bertambahnya hasil pertanian dari beberapa wilayah di Kabupaten Malang.

H.M Sanusi juga memaparkan ada beberapa program pembangunan di 3 tahun kedepan antara lain
1. Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat, Membangun Sumber Daya Manusia Unggul.
2. Mewujudkan Iklim Kehidupan Demokratis, Tertib, dan Agamis Berlandaskan Falsafah Pancasila.
3. Mewujudkan Inovasi Pelayanan Publik dan Pembangunan Kemandirian Desa.
4. Mewujudkan Keluarga Bahagia, Mandiri dan Sejahtera.
5. Memperluas Pemanfaatan Potensi Lingkungan Hidup, Pariwisata, Seni Budaya, Industri Kreatif dan Investasi Pembangunan Berkelanjutan.
Adapun nanti beberapa perbaikan infrastruktur Kabupaten Malang dalam mendukung program pemerintah Nawa Cita 2 dan Program Gubernur Jawa Timur dalam meningkatan dan pemulihan ekonomi di Jawa Timur.

Baca Juga  HUT Persit 75 , Ketua Persit Kodim 0818 Malang Beri Tali Asih Santri Al-Maun

“Sedangkan untuk pembangunan infrastruktur lainnya di sektor wisata dan industri lainnya dengan adanya investor dari belanda yang akan masuk untuk membantu peningkatan wisata.”ungkapnya.

Menurutnya , Kami akan memajukan pendidikan dan meningkatkan Untuk UMKM dalam peningkatan ekonomi masyarakat yang ada di Kabupaten Malang.
Dalam mendorong perbaikan dengan ini kami siap untuk bekerjasama dengan Forkopimda Kabupaten Malang dan intansi pendukung lainnya yang ada di Malang.

“Kami meminta dan berharap do’a restu dalam melaksanakan program kerja yang sudah kami canangkan dalam awal kampanye dan dalam melaksanakan program tersebut dan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Malang agar guyub rukun dan sejahtera,”pungkasnya.

Masih dikesempatan yang sama disusul dengan sambutan Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. dengan didampingi
Dr. Ir. Heru tjahjono (Sekda. Prov. Jatim) Dr. Ir. Jumadi, M. MT (asisten II Sekda Prov. Jatim) ,Dr. Nyono, ST, MT (Ka Dinas Perhubungan Prov. Jatim) , Dr. Ir. Hadi Sulistyo, M.Si (Ka Dinas Pertanian dan KP Prov. Jatim) , Dr. Moh. Gunawan Salah M. M (Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan) ,Dr. H. Mustain M.Ag (Kementrian Agama Prov. Jatim) mengucapkan terimakasih kepada seluruh para hadirin yang hadir dalam pelaksanaan rapat paripurna pelantikan Bupati dan Wakil Bupati.

Ditegaskan , Mari berikan support kepada Bupati dan Wakil Bupati malang dalam menjalankan pelaksanaan kegiatan dalan memajukan Kabupaten Malang.

Lanjut dia , Kita perlu mengulas terkait kata kata Bung Karno yang yang banyak sekali mengartikan tentang Tiga Revolusi Bangsa yaitu indonesia melewati “Taraf Physical Revolution” dan “Taraf Survival” dan saat ini kita memasuki “taraf Investment”

Disebutkan , Bung karno memberikan catatan kepada kita investasi ketrampilan sangat penting tetapi yg lebih penting adalah Investasi Mental.

Baca Juga  Sinergitas Antara Satgas Karya Bakti Pasca Gempa Di Dampit Mulai Terlihat Hasilnya

“Pada pasal 18 ayat 1 UUD 1945 terkait pembagian wilayah yang ada pemerintahan dengan adanya negara Dahulu baru membentuk Provinsi dan Kabupaten hingga ke Bawah.”terangnya.

Khofifah juga mengulas Alm. Gus Dur, Bu Mega dan Pak Amin rais dalam melaksanakan kegiatan dalam diskusi terkait adanya Bahwa Indonesia ini adalah NKRI dan tidak dapat di ganggu Gugat.

Selain itu Gubernur Jawa timur juga menyampaikan beberapa program presiden dianataranya
1. Pembangunan sumber daya manusia (SDM) sebagai prioritas utama.
2. Terus melanjutkan pembangunan infrastruktur.
3. Agar segala bentuk kendala regulasi disederhanakan, dan dipangkas. Dalam hal ini, Presiden mengatakan, pemerintah akan mengajak DPR untuk menerbitkan 2 undang-undang (UU) besar, yaitu UU Cipta Lapangan Kerja dan UU Pemberdayaan UMKM.
4. Penyederhanaan birokrasi terus dilakukan secara besar-besaran.
5. Transformasi ekonomi.

Dalam pelaksanaan program digitalisasi sistem Kabupaten Malang yang menjadi surganya , apa lagi mengingat Malang raya adalah wilayah yang luas dan dapat menjadi contoh wilayah lain dalam bersatu mengembangkan percepatan dampak Covid 19.

Terima kasih kepada Kapolres Malang dan Bupati Malang sudah mengantarkan Kabupaten Malang menjadi Zona Kuning dalam program Kampung tangguh dan Ops Yustisi yang sangat bermanfaat semoga nanti Malang Raya menjadi Zona Hijau.
Untuk membangun percepatan Ekonomi di Jawa Timur sempat mengawali penurunan sekali namun tidak terjadi di Kabupaten Malang sehingga mohon untuk dipertahankan.

Menurutnya di Malang raya ini sangat baik dalam pertumbuhan ekonomi, minimnya angka pengangguran dan pembangunan infrastuktur yang merata agar dipertahankan.

Dari catatan Kofifah menyebutkan untuk kemiskinan di Kabupaten Malang sudah di bawah rata rata se jawa timur mengingat adanya pandemi Covid 19 banyak sekali masyarakat diwilayah jawa timur menjadi meningkat.

Baca Juga  Kapolda Jatim Mengimbau Untuk Membentuk Da'i Kamtibmas Tingkat Kabupaten

Diakhir sambutan orang nomor satu di Jawa Timur ini mengucapkan selamat untuk Bapak Bupati dan Wakil Bupati selamat bekerja semoga Kabupaten Malang menjadi lebih baik.
Kegiatan tersebut dihadiri Forkopimda Malang Letkol Inf. Yusub Dody Sandra, S.I.P., M.I.Pol (Dandim 0818/Kab. Malang – Batu) , AKBP Hendri Umar, S.I.K.,M.H. (Kapolres Malang) ,Kompol Suharsono, SH (Wakapolres Batu) ,Shodikul Amin (PLT Ketua DPRD Kab. Malang) dan Para Pimpinan DPRD Kab. Malang , Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM (PLH Bupati Malang / Sekda Kab. Malang) , Edi Handojo, SH., MH. (Kepala Kejaksaan Negeri Kepanjen), Ronald Salnofri Bya, SH., MH (Kepala pengadilan Kabupaten Malang)
Drs. H. Sutiaji (Wali Kota Malang) , I Made Riandiana Kartika., S.E (Ketua DPRD Kota Malang)

Gambar Foto/ Kapolres Malang dan Forkopimda Malang

Hj. Dra. Dewanti Rumpoko, M.Si walikota Batu juga ikut hadir
Sedangkan unsur instansi dan lembaga terkait yang ikut hadir
Anis Suhartini, ST (Ketua KPU Kab. Malang/ Divisi Keuangan, Umum, Rumah Tangga dan Logistik) , Mohammad Wahyudi, SE., MM. (Ketua Bawaslu Kab. Malang/ Koordiv Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga) , Seluruh Anggota DPRD Ketua OPD Kab. Malang , Perwakilan Partai Politik , Perwakilan Toga, Tomas dan Tokoh Pemuda , Perwakilan Perguruan Tinggi dan Keluarga Bupati sendiri.
Sebelumnya , acara dimulai didahulukan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan disusul penandatanganan berita acara serah terima jabatan dari Plh ke Bupati Malang.

Rapat paripurna dipimpin oleh Shodikul Amin Selaku Plt Ketua DPRD Kabupaten Malang dan diakhiri dengan menynyikan lagu Padamu Negeri. (Red/R/D)

Komentar

Tinggalkan Balasan