oleh

Api Ludeskan Rumah Warga Sitiaji Sukosewu Bojonegoro

Sumber : Lapsit
Editor : Didik Sap

Bojonegoro|MMCNEWS.ID ,- Kebakaran terjadi di Dusun Sitiaji Rt 013/001 Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur Senin (08/03/2021).

Peristiwa tersebut hebohkan warga sekitar lokasi kejadian , pasalnya rumah yang terbakar merupakan rumah huni ukuran L 5m P 18m, atap genteng, kap kayu, plafon terpal plastik, dinding tembok dan lantai keramik yang ditinggal pemiliknya Sumarmi, 41 th, Pr,(korban) alamat :Desa Sitiaji Rt.013 Rw.01, Kec. Sukosewu Kab. Bojonegoro  sejak hari minggu tanggal 07 maret 2021 jam 17.30 pergi ke Surabaya dan hanya ditunggui Lamari 63 tahun (ibu korban) beserta sebut saja Pak Eko.

Kebakaran di hari senin sekira pukul 19:15 malam ini bermula sekitar jam 17.30 wib Lamari (63) membuka buka pintu rumah tersebut menyalakan (3) lampu (teras, ruang depan dan lampu kamar).
Setelah melakukan aktifitas yang menjadi kebiasaan sehari-hari Lamari kemudian kembali kerumahnya untuk menunaikan ibadah solat magrib.

Seperti sebelumnya lantas Lamari 63 duduk santai didalam rumahnya tak berapa lama Lamari pindah menuju depan rumahnya.

Di saat itulah Lamari mencium bau seperti benda terbakar dari dalam rumah korban.

Lamari kemudian berjalan masuk di dalam rumah anaknya tersebut, Lamari kaget setelah masuk melihat percikan api yang berasal kabel listrik ( posisi kabel nempel kayu kap di bawah plafon plastik / terpal ) percikan api kemudian menjalar sepanjang kabel dan mulai membakar plafon plastik/ terpal.

Melihat kejadian tersebut lamari berlari keluar rumah dan berteriak meminta tolong kepada tetangga sekitar.

Mendengar adany orang yang berteriak, sebut saja pak Teko kemudian Jupri 42 th , Farid Wahyudi 38 th tetangga korban.

Menurut saksi Jupri 42 th dan Saksi Farid Wahyudi 38 th saat datang ke tempat kejadian , api sudah membumbung dan membentuk kepulan asap hitam.

Baca Juga  Dandim 0818 Beserta Ibu ketua Persit KCK Csb XXXII , Kunjungi Anggota Yang Sakit Menahun

“Saat kita datang api sudah besar membakar kabel beserta plavon dari terpal plastik.”ucapnya (Red) terjemahan bahasa jawa.

Melihat hal itu kedua saksi teriak lebih keras meminta tolong datanglah warga membantu mematikan namun api tetap membesar, warga berusaha mematikan dengan cara melemparkan tanah basah,air, bebatuan, dengan tujuan agar tidak menjalar ke rumah lainnya.

Secar terpisah Suwardi, Lk 47 th, selaku Danton Linmas Desa Sitiaji, Kec. Sukosewu, Bojonegoro melaporkan kejadian tersebut ke pihak terkait.

Tak berapa lama kemudian datang 3 unit BPBD dan Pemadam Kebakaran sehingga api berhasil di padamkan.

Petugas yang terlibat dalam kejadian tersebut
IPTU WAHJOE FEBRIANTO,S.H (Kapolsek Sukosewu)
IPTU ALIM (Kanit Reskrim)
BRIPKA HENDY (Ba Jaga)
BRIGADIR HENDRI B (Ba Jaga)
SERMA NUR CHOLIS (Anggota Koramil Sukosewu)
HENDRI ( anggota sat pol Pp Sukosewu )
7DIDIK (Kades Sitiaji)

Setelah api benar-benar padam dan mendingin kemudian petugas polsek sukosewu melakukan olah TKP di duga kebakaran rumah tsb akibat hubungan pendek arus listrik.

Beruntung peristiwa tersebut tidak menelan korban jiwa , namun dari hasil olak kejadian perabot yang ada di dalam dan rumah yang 90% terbakar ditaksir mengalami kerugian 160 juta.

Dalam hal ini petugas yang datang menghimbau untuk lebih berhati-hati dan waspada (Red/U)

Komentar

Tinggalkan Balasan